Pusat Bantuan

Pasang Iklan

Pusat Bantuan

Hai OLXers, saat ini pembelian saldo OLX melalui BCA sedang tidak dapat dilakukan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan terima kasih telah senantiasa menggunakan OLX.

Syarat dan Ketentuan Rekening Bersama

SYARAT DAN KETENTUAN REKENING BERSAMA

Fitur atau layanan ini disediakan kepada Anda dengan tunduk kepada Syarat dan Ketentuan Rekening Bersama ini.  Penggunaan istilah “Anda” atau “pengguna” berarti setiap orang yang menggunakan atau mengakses layanan Rekening Bersama baik secara manual maupun melalui sistem otomatis, termasuk setiap orang yang melihat-lihat layanan dan materi di dalamnya, memberikan komentar terhadap materi atau merespon terhadap iklan yang dipasang di dalam situs/aplikasi.

Fitur/layanan Rekening Bersama beserta dengan fitur yang menyertainya, termasuk tetapi tidak terbatas pada tindakan pengiriman (“Rekening Bersama” atau “Layanan”) ini disediakan dan diselenggarakan sepenuhnya oleh PT Nusa Satu Inti Artha (“DOKU”) dan mitra DOKU yang terkait untuk layanan logistik dan pengiriman (“Mitra”).

Dengan mengaktifkan dan menggunakan layanan Rekening Bersama, Anda menyatakan setuju terhadap Syarat dan Ketentuan Rekening Bersama (“S&K Rekening Bersama”) ini, Syarat dan Ketentuan yang berlaku di PT Tokobagus (“OLX Indonesia”), beserta syarat dan ketentuan lainnya yang ditentukan oleh DOKU dan atau Mitra, termasuk tetapi tidak terbatas pada kebijakan privasi/privacy policy yang tercantum dalam tautan https://doku.com/en/bisnis/privacy. Dalam hal terdapat perbedaan antara S&K Rekening Bersaman dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan DOKU dan atau Mitra, maka S&K Rekening Bersama ini yang akan berlaku. S&K Rekening Bersama serta dokumentasi lain yang berlaku untuk Layanan, dapat diubah atau diperbarui oleh OLX Indonesia dari waktu ke waktu atas kebijaksanaannya sendiri.

Apabila Anda tidak setuju atas Syarat & Ketentuan Umum ini, kami mempersilakan Anda untuk tidak melanjutkan penggunaan Layanan.

 

BATASAN TANGGUNG JAWAB

OLX Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa classified online dan oleh karenanya seluruh kegiatan jual beli, termasuk tetapi tidak terbatas pada komunikasi penjual-pembeli, pemberian alamat dan data pribadi antara penjual dan pembeli, mutu barang, harga barang, pengiriman dan logistik berlangsung diluar aktivitas OLX Indonesia, dan oleh karenanya OLX Indonesia tidak bertanggung jawab atas akibat (termasuk tanggung jawab, klaim materiil maupun imateriil, tuntutan hukum) yang dialami penjual dan atau pembeli dan atau pihak ketiga lainnya baik yang terjadi di dalam situs/aplikasi OLX Indonesia maupun melalui Layanan, yang terjadi sehubungan dengan kegiatan jual beli sebagaimana dimaksud. Hal ini termasuk, namun tidak terbatas pada, pembayaran dan pengiriman barang dan jasa, serta syarat, kondisi, jaminan atau pernyataan lain yang terkait dengan interaksi antara Anda dengan pihak ketiga. 

Dalam hal terjadi perselisihan antara Pengguna dengan pihak ketiga, Anda mengerti dan setuju bahwa OLX Indonesia tidak bertanggung jawab untuk melibatkan diri dalam perselisihan tersebut dan Anda dengan ini membebaskan OLX Indonesia, karyawannya, petugasnya dan agennya dari setiap tuntutan dan kerugian yang timbul dalam bentuk apapun sehubungan dengan Layanan kami.

 

TRANSAKSI PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN REKENING BERSAMA

  1. Penjual wajib melakukan registrasi akun Rekening Bersama terlebih dahulu dan harus terdaftar dengan resmi dengan data yang benar dan akurat.
  2. Penjual dilarang memanipulasi harga barang dengan tujuan apapun.
  3. Penjual dilarang melakukan penawaran / berdagang barang terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan pada “Larangan Iklan”.
  4. Penjual wajib memberikan foto dan informasi barang / produk dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan kualitas produk yang dijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi produk yang diunggah oleh penjual dengan produk yang diterima oleh pembeli, pembeli dapat melakukan komplain kepada penjual dan atau secara otomatis dana transaksi tidak akan dirilis ke penjual sampai ada kesepakatan bersama antara penjual dan pembeli terkait transaksi.
  5. Penjual pada saat memasang iklan wajib memastikan bahwa setiap produk dan/atau jasa yang diiklankan serta Materi iklan telah sesuai dengan persyaratan yang tercantum dalam Syarat & Ketentuan yang berlaku di OLX Indonesia
  6. Penjual wajib memasukan nomor resi pengiriman barang dalam batas waktu 2x24 jam terhitung sejak adanya notifikasi bahwa pembeli telah berhasil melakukan pembayaran. Jika dalam batas waktu tersebut pihak penjual tidak memasukan nomor resi pengiriman barang maka secara otomatis transaksi dibatalkan dan dana akan dikembalikan ke pembeli.
  7. Penjual memahami dan menyetujui bahwa dana di Rekening Bersama akan dikembalikan ke pembeli apabila transaksi dibatalkan dan/atau transaksi tidak berhasil.
  8. Dana di Rekening Bersama akan ditahan sampai waktu yang tidak ditentukan apabila terdapat permasalahan dan klaim dari pihak pembeli terkait proses pengiriman dan/atau kualitas barang. Pembayaran baru akan dirilis kepada penjual apabila permasalahan tersebut telah selesai berdasarkan hasil keputusan dari kedua belah pihak dalam hal ini penjual dan pembeli dan/atau barang telah diterima oleh pembeli.
  9. Dengan tidak mengesampingkan ketentuan lain yang berlaku dalam S&K Rekening Bersama ini, OLX Indonesia tidak bertanggung jawab dalam hal: (i) Nomor resi kurir pengiriman barang yang diberikan oleh penjual tidak sesuai dan/atau diduga tidak sesuai dengan transaksi yang terjadi di OLX Indonesia; (ii) Penjual mengirimkan barang melalui jasa kurir/logistik selain dari yang disediakan. (iii) jika nama produk dan deskripsi produk tidak sesuai/tidak jelas dengan produk yang dikirim; (iv) jika ditemukan adanya manipulasi transaksi; (v) hal hal lain yang terjadi sehubungan dengan transaksi menggunakan Layanan.
  10. Penjual memahami dan menyetujui bahwa penjual sepenuhnya bertanggung jawab atas pajak yang timbul dari jual beli yang menggunakan Layanan, termasuk Pajak Penghasilan yang akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di Indonesia.
  11. OLX Indonesia tidak akan dan tidak berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara penjual dan pembeli.
  12. Pembayaran atas pembelian yang menggunakan fitur Rekening Bersama akan dianggap efektif pada saat dana telah diterima di rekening DOKU. Sampai pada saat dimana dana diterima di rekening DOKU, penjual disarankan untuk tidak mengirimkan barang kepada pembeli.

 

TRANSAKSI PEMBELIAN DENGAN MENGGUNAKAN REKENING BERSAMA

  1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih.
  2. Saat melakukan pembelian barang, pembeli menyetujui bahwa pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan barang (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat keputusan untuk membeli dan melakukan pembayaran.
  3. Kami menyarankan pembeli untuk melakukan komunikasi yang baik dan jelas dengan penjual untuk terhindar dari kesalahpahaman, memastikan alamat yang dituju sudah benar dan lengkap, serta menyepakati hal-hal yang harus dilakukan apabila terjadi ketidaksesuaian antara ekspektasi penjual dan pembeli.  
  4. Pembeli mengakui telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di iklan/barang yang akan dibeli muncul seakurat mungkin.
  5. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antar pembeli dan penjual selain melalui Rekening Bersama adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari pembeli.
  6. Pembeli wajib melakukan pembayaran selambat-lambatnya dalam batas waktu 1x24 jam setelah pembeli menerima penawaran yang diajukan penjual dan melanjutkan ke halaman pembayaran. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran belum dilakukan oleh pembeli, maka secara otomatis transaksi dibatalkan.
  7. Jika terjadi permasalahan pada transaksi, pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain OLX Indonesia dan DOKU. Pembeli bertanggung jawab atas akibat yang timbul dari pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh pembeli kepada pihak lain sebagaimana dimaksud.
  8. Pembeli wajib melakukan konfirmasi penerimaan barang, setelah menerima kiriman barang yang dibeli. Jika dalam batas waktu 2x24 jam setelah pengiriman berstatus "barang telah tiba di alamat pembeli” tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak pembeli, maka pembeli menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan barang secara otomatis oleh sistem.
  9. Setelah adanya konfirmasi penerimaan barang atau konfirmasi penerimaan barang otomatis, maka dana pihak pembeli yang dikirimkan ke Rekening Bersama akan diteruskan ke pihak penjual dan transaksi dianggap telah selesai.
  10. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang pembeli pergunakan dengan bank Rekening Bersama adalah tanggung jawab pembeli secara pribadi.
  11. Pengembalian dana kepada pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
  • Pembeli sudah melakukan pembayaran, tetapi setelah batas waktu 2x24 jam terhitung sejak adanya notifikasi bahwa pembeli telah berhasil melakukan pembayaran, penjual tidak mengirimkan barang.
  • Penyelesaian permasalahan berupa keputusan untuk mengembalikkan dana kepada pembeli berdasarkan hasil kesepakatan dari kedua belah pihak dalam hal ini penjual dan pembeli.
  1. Pembeli wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran. OLX Indonesia tidak bertanggungjawab atas kerugian yang dialami pembeli apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.

 

HARGA

  1. Penjual memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab penjual. Perlu diingat dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan pengetikan keterangan harga barang yang tidak disengaja, pembeli berhak menolak dan mengajukan ke penjual untuk memasukkan harga yang sudah disepakati.
  2. Harga barang yang tercantum pada iklan tersebut adalah harga yang ditetapkan oleh penjual. Penjual dilarang memanipulasi harga barang dengan cara apapun.
  3. Penjual dan pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara penjual dan pembeli tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab OLX Indonesia.
  4. Pembeli menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga barang, biaya/ongkos kirim, dan biaya lain yang dirinci secara tegas dalam halaman pembayaran.
  5. Batasan harga maksimal satuan untuk barang yang dapat ditawarkan adalah Rp. 5.000.000,-
  6. OLX Indonesia hanya melayani transaksi jual beli barang dalam mata uang Rupiah.

 

 PENGIRIMAN BARANG

  1. Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman barang adalah wewenang sepenuhnya Mitra penyedia jasa layanan pengiriman barang.
  2. Penjual wajib menggunakan jasa perusahaan ekspedisi yang telah disediakan pada Layanan yang dipilih oleh pembeli.
  3. Penjual memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman barang adalah di luar tanggung jawab OLX Indonesia dan oleh karena itu, adalah kebijakan penjual sendiri untuk membatalkan atau tetap melakukan pengiriman barang.
  4. Penjual wajib memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh jasa layanan pengiriman barang tersebut dan bertanggung jawab atas setiap barang yang dikirimkan.
  5. Penjual dan pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman barang oleh penyedia jasa layanan pengiriman barang adalah merupakan tanggung jawab penyedia jasa layanan pengiriman.
  6. Jika dalam hal diperlukan terjadi proses pengembalian barang dari pembeli, dan/atau sebaliknya dari penjual ke pembeli, maka baik penjual maupun pembeli diwajibkan untuk melakukan pengiriman barang langsung ke masing-masing pembeli maupun penjual. OLX Indonesia tidak menerima pengembalian atau pengiriman barang atas transaksi yang dilakukan oleh penjual dan pembeli dalam kondisi apapun.
  7. Jika terjadi kendala dalam proses pengiriman berupa barang hilang, barang rusak, dan lain sebagainya, penjual dan pembeli disarankan untuk melakukan komunikasi yang baik dan jelas agar terhindar dari kesalahpahaman dan mencapai kesepakatan dari permasalahan yang terjadi pada transaksi tersebut.

 

RILIS DANA

  1. Rilis dana akan diproses dalam kurun waktu 2x24 jam hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu dan hari libur nasional).
  2. Apabila ada biaya tambahan administrasi terkait biaya transfer antar Bank, akan menjadi tanggungan dari penjual dan/atau pembeli.

 

PENANGANAN MASALAH

Dalam hal terjadi perselisihan/dispute antara penjual dan pembeli, kami menyarankan agar pembeli dan penjual melakukan komunikasi hingga menemukan solusi yang disepakati bersama. Selama persetujuan kedua belah pihak belum ada, dana akan tertahan pada Rekening Bersama DOKU.

Jika pembeli dan penjual tidak juga dapat menemui kesepakatan, dana tidak dapat dikembalikan kepada pembeli atau diteruskan kepada penjual.