Pusat Bantuan

Pasang Iklan

Pusat Bantuan

Dear OLXers, Kami informasikan bahwa saat ini kami sedang melakukan maintenance system pembelian paket OLX, hal ini untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada semua pengguna OLX. Anda dapat melakukan pembelian paket OLX kembali setelah maintenance system selesai, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Cara permintaan akses data pribadi

Apakah itu "Permintaan Akses"?

Adalah hak individu untuk mendapatkan akses terkait setiap informasi tentang dirinya yang dimiliki oleh OLX. Dengan kata lain, adalah hak untuk memperoleh konfirmasi dari pemegang data, apakah data yang menyangkut pribadi Anda sedang diproses.

 

Bagaimana cara membuat permintaan akses?

Anda akan menemukan opsi ini di dalam Pengaturan Akun Anda. Opsi ini hanya akan tersedia setelah Anda login di situs kami.

Pilih opsi PERMINTAAN AKSES dan klik. Anda akan menerima konfirmasi.

Harap diingat bahwa informasi tersebut akan diberikan kepada Anda dalam waktu 30 hari sejak Anda mengajukan permintaan. Jangka waktu ini dapat diperpanjang dalam situasi tertentu, dan atau permintaan tertentu. Kami akan memberitahu Anda tentang proses perpanjangan tersebut dalam kurun waktu satu bulan sejak permintaan Anda kami terima.

Jika OLX membutuhkan lebih banyak informasi untuk membantu tim kami menemukan informasi Anda atau mengidentifikasi Anda, kami akan meminta kembali informasi yang kami butuhkan. Kami akan menunggu informasi tersebut sebelum memproses permintaan Anda. 

Jika Anda memiliki kendala atau pertanyaan lain dalam proses ini, silakan Hubungi kami.

 

Apakah saya perlu memberi alasan untuk melihat informasi yang saya minta?

Tidak. Anda tidak perlu memberikan alasan mengapa Anda ingin melihat informasinya

 

Informasi apa saja yang berhak saya terima?

Anda berhak diberitahu jika ada informasi pribadi tentang Anda dan Anda akan menerima data sebagai berikut:

- Salinan informasi dalam bentuk permanen;

- Penjelasan tentang persyaratan teknis atau ketentuan yang lebih kompleks;

- Deskripsi dari informasi, alasan untuk memproses informasi dan dengan siapa saja OLX berbagi informasi (khususnya, penerima di negara pihak ketiga atau organisasi internasional);

- Jika memungkinkan, informasi perkiraan jangka waktu penyimpanan data pribadi, atau jika tidak memungkinkan, kriteria yang digunakan untuk menentukan jangka waktunya; dan

- logika dalam setiap proses otomatis (jika Anda secara khusus meminta).

 

Selain itu, Anda akan diberitahu tentang:

- Adanya hak untuk meminta dari OLX terkait (i) perbaikan atau penghapusan data pribadi Anda atau (ii) pembatasan kegiatan proses data pribadi Anda; atau (iii) keberatan dengan proses tersebut;

- Hak untuk mengajukan pengaduan kepada pihak pengawas yang memiliki kewenangan.

 

Apakah OLX dapat menahan atau tidak memberikan informasi?

Dalam beberapa kasus, Anda dapat mengajukan permintaan atas nama orang lain. Hal ini biasa dilakukan seorang pengacara yang bertindak atas nama klien, atau bisa juga karena seseorang ingin orang lain mewakili mereka.

Dalam kasus ini, OLX perlu memastikan bahwa pihak ketiga yang mengajukan permintaan telah memiliki izin untuk bertindak atas nama mereka. Pihak ketiga harus memberikan bukti yang mana dapat berupa surat kuasa.

 

Bagaimana jika OLX menolak untuk menanggapi permintaan saya?

Itu seharusnya tidak terjadi! Namun, jika OLX tidak mematuhi permintaan yang sah yang telah Anda buat, Anda dapat mengajukan keluhan kepada otoritas pengawas terkait. Sebelum melakukannya, Anda disarankan menghubungi kami untuk memastikan keadaannya.

 

Apakah ada biaya?

Tidak. Segala komunikasi dan tindakan apa pun yang diambil sebagai konsekuensi dari permintaan Anda akan diberikan secara gratis. Namun demikian, apabila ada permintaan yang tidak berdasar atau berlebihan, OLX akan berhak untuk:

- membebankan biaya dengan mempertimbangkan biaya administrasi dalam penyediaan informasi atau komunikasi, atau dalam mengambil tindakan yang diminta; atau

- Menolak untuk menindaklanjuti permintaan Anda.