Pusat Bantuan

Pasang Iklan

Pusat Bantuan

Mohon maaf, saat ini website dan aplikasi OLX sedang melakukan pemeliharaan sistem sehingga pemasangan iklan mengalami kendala penayangan iklan.
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.
Apabila Anda mengalami kendala lainnya, silakan hubungi kami kembali melalui Pusat Bantuan
atau email cs@olx.co.id atau hubungi Call Center di 150264
Sehubungan dengan kondisi pandemi dan peraturan PSBB yang berlaku, seluruh karyawan OLX Indonesia
melakukan kegiatan kerja dari rumah.
Untuk itu, layanan pengguna hanya terbuka melalui Pusat Bantuan, email cs@olx.co.id atau hubungi Call Center di 150264
Tips Transaksi Aman Memberikan tips untuk bertransaksi secara aman di platform online
Mohon gunakan selalu Chat OLX sebagai sarana komunikasi Anda saat berbelanja atau bertransaksi di OLX. Untuk tips lainnya silahkan kunjungi tipsaman.olx.co.id
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H
Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin

Kami informasikan bahwa operasional OLX Indonesia libur pada tanggal 13 - 14 Mei 2021 dan akan kembali beroperasional pada tanggal 15 Mei 2021.

Bagaimana cara mengetahui penipuan?

OLX senantiasa berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kualitas dari iklan-iklan yang ditayangkan, tapi kadang kala OLX digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab untuk melakukan hal-hal yang merugikan orang lain. Dan kami berusaha semaksimal mungkin untuk memerangi hal ini.

Berikut ini adalah beberapa ciri/karakteristik dari iklan berbahaya/penjual nakal:

1. Hindari iklan dari barang/jasa yang terlalu menarik

  • Terlalu murah
  • Dengan bonus/diskon besar
  • Janji terlalu muluk-muluk (100% garansi, pasti diterima, dll)
  • Menjanjikan pengiriman hewan via kurir

2. Lebih berhati-hati jika informasi penjual/iklan yang tidak konsisten

  • Lokasi penjual dan iklan yang berbeda
  • Nomor kontak (Telpon/BBM PIN) tidak pada tempat yang semestinya
  • Nomor kontak (Telpon/BBM PIN) berbeda-beda

3. Hal-hal yang janggal/aneh pada akan/saat bertransaksi

  • Memilih tempat CoD yang sepi atau jauh dari lokasi pembeli/penjual
  • Berusaha untuk meminta DP (Down Payment) terlebih dahulu
  • Ada telpon dari pihak ketiga (biasanya mengatasnamakan pihak berwajib) untuk meminta sejumlah uang
  • Meminta data pribadi seperti foto/data identitas pribadi, nomor rekening, alamat email Anda, data kartu kredit/debit Anda.

4. Iklan dengan informasi penjual yang tidak konsisten

  • Penjual cenderung meletakkan nomor telepon/PIN BBM di deskripsi atau nama pengiklan (bukan di tempat yang seharusnya).
  • Tempat/lokasi si Pengiklan dengan barang yang diiklankan berbeda.

Berikut ini adalah beberapa ciri/karakteristik dari Pembeli berbahaya :

1. Meminta data pribadi seperti foto/data identitas pribadi, nomor rekening, alamat email Anda, data kartu kredit/debit Anda.

2. Pembeli mengirimkan bukti transfer palsu.

3. Pembeli cenderung menolak melakukan pembayaran melalui bank lain di luar bank penerbit e-cash tersebut. dan meminta.

4. Pembeli tidak terlalu menawar produk dan langsung menyetujui harga barang. 

Kami semaksimal mungkin melindungi Anda dari tindakan penipuan yang dapat terjadi, selain itu Anda dapat melaporkan kepada kami jika menemukan dugaan tindakan penipuan seperti :

1. Jika Anda menemukan iklan yang terduga penipuan Anda dapat melaporkan iklan melalui tombol "Laporkan Iklan"

2. Jika Anda mencurigai seorang pengguna Anda dapat melaporkan dengan membuka profil mereka, kemudian klik tiga titik di sudut kanan atas dan klik pada "Laporkan Pengguna"

Kami juga sangat menyarankan untuk terhindar dari penipuan agar Anda selalu menggunakan fitur Chat yang sudah disediakan oleh platform kami dan menolak jika diarahkan pada media komunikasi lain.