Pusat Bantuan

Pasang Iklan

Pusat Bantuan

Dear OLXers, Kami informasikan bahwa saat ini kami sedang melakukan maintenance system pembelian paket OLX, hal ini untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada semua pengguna OLX. Anda dapat melakukan pembelian paket OLX kembali setelah maintenance system selesai, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Pesan spam atau pesan tidak pantas

OLX adalah platform dengan model UGC (User Generated Content) dimana semua konten yang diiklankan sepenuhnya merupakan tanggungjawab pengguna, termasuk email dan nomor telepon yang Anda cantumkan. Hal ini berpotensi bagi Anda untuk menerima pesan dari pihak lain yang mungkin tidak Anda kehendaki (spamming). Berikut ini beberapa tips mencegah dan mengatasi spamming:

  • Jangan membuka email dari sumber yang tidak Anda kenal ataupun email yang bersubjek/topik mencurigakan pada judulnya. Jika Anda masih juga penasaran untuk mengetahui isinya, Anda dapat memanfaatkan fitur ‘preview’ pada aplikasi email untuk mengetahui secara singkat isi pesan tanpa harus membuka email tersebut. Karena, dengan membuka email spam, maka para spammer akan menerima pesan notifikasi yang sama saja menyatakan bahwa alamat email tersebut valid, hal ini berarti membuka peluang selanjutnya untuk dikirimi spam-spam lagi.
  • Jangan menanggapi pesan spam. Sama halnya dengan membuka email spam, menanggapi pesan spam sama saja menyatakan bahwa alamat email tersebut aktif, sehingga juga membuka peluang untuk mendapatkan spam-spam berikutnya.
  • Jangan membalas. Para pengirim spam biasanya mengajak Anda untuk masuk ke dalam sebuah mailing list. Respon terbaik adalah dengan mengabaikannya. Karena jika Anda sudah tergabung dalam mailing list, berarti Anda bersedia menerima pesan lanjutan. Namun jika Anda menolak dengan mengetikkan kata tertentu yang diminta (biasanya ‘remove’ atau ‘unsubscribe’) dan mengirimkannya dengan fasilitas ‘Reply’, Anda tetap berpeluang untuk menerima pesan-pesan berikutnya, karena dengan me-reply pesan tersebut sama saja Anda telah memberitahukan spammer bahwa alamat email tersebut valid dan bisa dikirimi spam berikutnya.
  • Memutuskan untuk memilih ‘tidak’. Banyak muncul pertanyaan email dan informasi lainnya pada form aplikasi online yang bertujuan untuk mencuri data. Pada saat seperti ini, Anda berhak untuk menolak dan memilih ‘tidak’ terhadap hal-hal yang mereka tawarkan. Sangat penting untuk membaca dengan seksama ‘Kebijakan Privasi’ yang mereka berikan untuk mengetahui sejauh mana kemungkinan email kita disalahgunakan. Untuk itu jangan biarkan mereka memakai email tanpa seizin kita.
  • Memakai bantuan IAP (Internet Access Provider / Penyedia Layanan Internet) atau mempergunakan filter spam. Biasanya IAP menawarkan fasilitas filter spam secara gratis untuk mencegah masuknya email spam. Selain itu, Anda juga bisa mendaftar ke jasa layanan anti-spam ataupun mempergunakan aplikasi anti-spam ataupun pemblokir spam.

Anda dapat melaporkan pengguna yang memiliki iklan yang terindikasi penipuan atau mengirimkan pesan spam dan/atau memberikan perlakuan yang tidak pantas pada Anda (Bagaimana cara melaporkan akun?)


Semoga membantu!