Pusat Bantuan

Pasang Iklan

Pusat Bantuan

Dear OLXers, Kami informasikan bahwa saat ini kami sedang melakukan maintenance system pembelian paket OLX, hal ini untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada semua pengguna OLX. Anda dapat melakukan pembelian paket OLX kembali setelah maintenance system selesai, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Tips agar terhindar dari resi pengiriman palsu

OLX senantiasa menghimbau kepada para pengguna (khususnya pembeli) agar selalu menggunakan metode Cash on Delivery (COD) dalam bertransaksi, yaitu transaksi jual-beli dimana penjual dan pembeli bertemu langsung di suatu tempat yang telah di sepakati sebelumnya. Namun ada kondisi dimana metode ini tidak dapat digunakan dan harus menggunakan jasa pengiriman dalam transaksi Anda. Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda terhindar dari resi pengiriman palsu:

  • Pastikan telah terjadi kesepakatan antara Anda dan Penjual bahwa pembayaran akan dilakukan apabila barang sudah di terima, atau sesuai kesepakatan tambahan lainnya.
  • Hindari saling tukar dokumen pribadi agar terhindar dari penyalahgunaan data pribadi Anda.
  • Gunakan perusahaan jasa pengiriman yang memiliki situs resmi dan juga sudah memiliki fitur untuk melacak nomor resi pengiriman secara online.
  • Jangan mudah percaya bila oknum penjual meminta Anda melakukan pembayaran apapun dengan alasan barang sudah dikirim, baik dengan mengirimkan foto resi, video atau mengirimkan bukti dalam bentuk apapun.
  • Jangan mudah percaya bila ada oknum yang menghubungi dan meminta Anda untuk mengirimkan sejumlah uang dengan alasan apapun. Bila Anda mengalami hal ini, jangan panik dan lakukan pengecekan sebaik mungkin.
  • Segera lakukan pengecekan resi pengiriman pada situs resmi dari jasa pengiriman yang digunakan berdasarkan nomor resi dari bukti pengiriman yang Anda terima.
  • Jika nomor resi pengiriman tersebut valid atau terdaftar pada situs resmi terkait, umumnya Anda akan mendapatkan beberapa informasi, antara lain : tanggal pengiriman, nama pengirim, alamat pengirim, nama penerima, alamat penerima, dll. Pastikan informasi tersebut benar dan sesuai.
  • Jika nomor resi tidak valid/tidak terdaftar/tidak ditemukan, tunggu beberapa saat atau hubungi Customer Service (CS) dari perusahaan jasa pengiriman terkait.
  • Jangan melanjutkan komunikasi dalam bentuk apapun dengan oknum penjual bila hasil pengecekan CS dari perusahaan jasa pengiriman menyatakan nomor resi tidak terdaftar/tidak valid/palsu.
  • Segera informasikan kepada kami atau segera laporkan kepada pihak berwenang jika diperlukan.