Pusat Bantuan

Pasang Iklan

Pusat Bantuan

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Untuk meningkatkan kualitas layanan kami, website dan aplikasi OLX akan melakukan pemeliharaan sistem pada tanggal 13 September 2023 pukul 22:00 WIB hingga 14 September 2023 pukul 06:00 WIB . Selama periode ini, pelanggan tidak dapat mengakses website & aplikasi OLX. Apabila Anda mengalami kendala lainnya, silakan hubungi kami melalui Pusat Bantuan, email cs@olx.co.id atau hubungi Call Center di 150264
Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Untuk meningkatkan kualitas layanan pesan Whatsapp OLXmobbi,
layanan pesan Whatsapp OLXmobbi akan melakukan pemeliharaan sistem pada tanggal
28 September 2024 hingga 10 Oktober 2024 .
Selama periode ini, pelanggan tidak dapat mengirim pesan di Whatsapp resmi OLXmobbi.
Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Kami informasikan bahwa proses moderasi iklan mengalami penundaan penayangan pada 25 Oktober 2024 dan akan kembali normal pada 26 Oktober 2024
Apabila Anda mengalami kendala, silakan hubungi kami melalui Pusat Bantuan, email cs@olx.co.id, Whatsapp atau hubungi Call Center di 150264
Selamat Idulfitri 1445 H
Minal ‘Aidin wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin

Kami informasikan bahwa operasional OLX libur pada 10 - 11 April 2024 dan akan kembali beroperasional pada 12 April 2024. Apabila Anda mengalami kendala, silakan hubungi kami melalui Pusat Bantuan atau email cs@olx.co.id.
Selamat Tahun Baru 2024
Kami informasikan bahwa operasional OLX Indonesia libur pada tanggal 01 Januari 2024
dan akan kembali beroperasional pada tanggal 02 Januari 2024
Apabila Anda mengalami kendala lainnya, silakan hubungi kami melalui Pusat Bantuan atau email cs@olx.co.id
Tips Aman Bertransaksi Online
Gunakan selalu Chat OLX sebagai sarana komunikasi saat bertransaksi di OLX.
Untuk informasi tips aman lainnya, silakan kunjungi tipsaman.olx.co.id
Kami informasikan bahwa pada tanggal 01 Desember 2023 s/d 07 Desember 2023, kami sedang melakukan perawatan sistem penerbitan faktur OLX. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi artikel Perawatan Sistem Penerbitan Faktur OLX
Selamat Tahun Baru 2024
Kami informasikan bahwa operasional OLX Indonesia libur pada tanggal 01 Januari 2024
dan akan kembali beroperasional pada tanggal 02 Januari 2024
Apabila Anda mengalami kendala lainnya, silakan hubungi kami melalui Pusat Bantuan atau email cs@olx.co.id
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H
Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin

Kami informasikan bahwa operasional OLX Indonesia libur pada 22 - 23 April 2023 dan akan kembali beroperasional pada 24 April 2023.

Ketentuan Fitur Booking

Ketentuan Fitur Booking

 

Syarat dan ketentuan yang ada di dalam halaman ini (Ketentuan Fitur Booking) mengikat Anda sebagai pengguna situs www.olx.co.id, aplikasi OLX Indonesia, dan layanan lain yang terasosiasi dengan OLX Indonesia, baik sebagai pengguna terdaftar ataupun pihak yang sekedar berkunjung melihat Layanan, pemasang iklan, maupun calon pembeli.

 

Ketentuan Layanan Booking ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Ketentuan Umum (yang termasuk namun tidak terbatas kepada Kebijakan Privasi dan Larangan Iklan).

 

Dengan mengakses atau menggunakan Layanan Booking yang disediakan oleh OLX Indonesia, maka Anda dianggap telah menerima, memahami, menyetujui, serta sepakat untuk mematuhi semua isi dalam Syarat & Ketentuan Booking OLX. Syarat & Ketentuan Booking OLX dapat diubah dan/atau diperbaharui sewaktu-waktu oleh OLX Indonesia tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Apabila Anda tidak setuju atas Syarat & Ketentuan Booking OLX ini, OLX Indonesia mempersilahkan Anda untuk tidak melanjutkan penggunaan Fitur Booking yang disediakan oleh OLX Indonesia.

 

Definisi: 

  1. Booking merupakan fitur yang yang disediakan oleh OLX dalam memberikan kemudahan, keamanan dan kenyamanan bagi Pembeli dan Penjual melalui penggunaan rekening bersama untuk: 
    • Menjaga ketersediaan barang yang diiklankan Penjual dengan melakukan Booking atau booking atas barang yang diiklankan oleh Penjual; dan
    • Memberikan kesempatan kepada Pembeli untuk dapat melakukan pemeriksaan barang secara langsung dengan Penjual sebelum dilakukannya pembelian barang secara langsung melalui sistem COD (Cash On Delivery) dalam mencapai kesepakatan antara Pembeli dan Penjual.

 

  1. Pembeli adalah pihak yang yang melakukan transaksi pembelian dengan Penjual atas barang yang diiklankan Penjual melalui Platform OLX.

 

  1. Penjual adalah pihak yang mengiklankan barang untuk dijual melalui Platform OLX dan telah mengaktifkan Fitur Booking pada halaman barang yang diiklankan.

 

  1. Pengguna adalah pihak yang menggunakan aplikasi OLX, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli dan Penjual yang menggunakan fitur Booking.

 

Ketentuan Fitur Booking

 

  1. Fitur Booking hanya berlaku untuk barang yang diiklankan melalui aplikasi OLX dengan klasifikasi dan biaya Booking sebagai berikut:
WhatsApp Image 2024-10-21 at 11.37.17.jpeg

(”Jenis Barang Yang Dapat Menggunakan Fitur Booking”).

  1. Biaya Booking yang dibayarkan oleh Pembeli hanya berupa tanda jadi. Jika Pembeli dan Penjual sepakat untuk bertransaksi, maka Biaya Booking yang sudah dibayarkan akan mengurangi total harga barang yang perlu dilunasi Pembeli melalui direct transfer atau metode lainnya ke rekening Penjual saat transaksi Booking selesai

 

  1. Jika harga barang yang diiklankan oleh Penjual lebih tinggi dari Biaya Booking, maka Pembeli tetap berkewajiban untuk melakukan pembayaran pelunasan atas barang melalui metode pembayaran lainnya yang telah disepakati antara Penjual dan Pembeli. 

 

  1. Pengguna memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pengguna selain melalui Booking adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pengguna. Karenanya Pengguna dengan ini membebaskan OLX dari segala risiko yang timbul atas transaksi yang dilakukan secara langsung antara Pengguna diluar dari proses Booking.

 

Pembelian Menggunakan Fitur Booking

 

  1. Pembeli dapat menggunakan fitur Booking dalam melakukan transaksi pembelian atas barang yang diiklankan oleh Penjual sesuai dengan Jenis Barang Yang Dapat Menggunakan Fitur Booking.

 

  1. Pembeli setuju dan memahami bahwa Biaya Booking berfungsi sebagai komitmen dari Pembeli untuk melakukan pembelian atas barang yang diiklankan Penjual melalui aplikasi OLX. Pembeli memahami bahwa Booking dapat dianggap sebagai sebagian dana pelunasan transaksi atas barang Penjual.

 

  1. Pembeli wajib melakukan pembayaran biaya Booking selambat-lambatnya 12 jam setelah Pembeli melakukan mengajukan Booking melalui aplikasi OLX. 

 

  1. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran Biaya Booking belum dilakukan oleh Pembeli, OLX memiliki kewenangan untuk membatalkan pengajuan Booking tersebut dan Pembeli tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan Booking tersebut.

 

  1. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap keterlambatan proses pembayaran biaya Booking dan adanya biaya tambahan yang timbul berdasarkan kebijakan bank yang dipergunakan oleh Pembeli adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

 

  1. Setelah Pembeli melakukan pembayaran biaya Booking, maka Pembeli dapat mengajukan jadwal pertemuan dengan Penjual untuk melakukan pengecekan barang yang diiklankan Penjual dan melanjutkan proses pembelian barang secara langsung kepada Penjual.

 

  1. Setelah Pembeli melakukan pembayaran Biaya Booking, tetapi belum ada konfirmasi persetujuan Booking dari Penjual, maka Pembeli setuju untuk dilakukan pengembalian Biaya Booking. Pengembalian Biaya Booking kepada Pembeli akan dikembalikan 100% dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Pembayaran di Hari Kerja pukul 00:01 - 23:59 WIB, akan dapat dikembalikan 100% setidaknya pada Hari Kerja berikutnya (D+1); dan
    • Pembayaran di Hari Sabtu/Hari Minggu/Hari Libur/Cuti Bersama, akan dapat dikembalikan 100% pada Hari Kerja berikutnya.

 

  1. Jika Pembeli mengajukan pembatalan Booking setelah melakukan pembayaran Biaya Booking dan Penjual sudah melakukan konfirmasi terhadap Booking, maka Biaya Booking yang sebelumnya dibayarkan Pembeli akan dikembalikan 100% secara otomatis setelah Penjual mengkonfirmasi pembatalan dari Pembeli. Pengembalian Dana akan dilakukan dengan ketentuan berikut:
    • Pembayaran di Hari Kerja pukul 00:01 - 23:59 WIB, akan dapat dikembalikan 100% setidaknya pada Hari Kerja berikutnya (D+1); dan
    • Pembayaran di Hari Sabtu/Hari Minggu/Hari Libur/Cuti Bersama, akan dapat dikembalikan 100% pada Hari Kerja berikutnya.

 

  1. Jika Penjual telah menyetujui Booking yang diajukan oleh Pembeli, maka Pembeli dapat mengajukan jadwal pertemuan untuk dilakukannya pengecekan barang yang diiklankan Penjual dan melanjutkan proses pembelian barang secara langsung kepada Penjual secara COD (Cash On Delivery). Penjual dan Pembeli dapat bertemu untuk melakukan COD (Cash On Delivery) di lokasi yang sudah disepakati bersama, maksimal 4x24 jam setelah Booking dikonfirmasi oleh Penjual.

 

  1. Apabila tidak terjadi kesepakatan pada saat proses sebelum atau sesudah COD (Cash On Delivery) antara Pembeli dan Penjual, maka Pembeli dapat melakukan pembatalan pada sistem dan dikonfirmasi oleh Penjual. Pengembalian Dana akan lakukan dengan ketentuan berikut:

 

    • Pembayaran di Hari Kerja pukul 00:01 - 23:59 WIB, akan dapat dikembalikan 100% setidaknya pada Hari Kerja berikutnya (D+1); dan
    • Pembayaran di Hari Sabtu/Hari Minggu/Hari Libur/Cuti Bersama, akan dapat dikembalikan 100% pada Hari Kerja berikutnya

 

  1. Pembeli wajib melakukan konfirmasi persetujuan atas penerimaan barang dari Penjual melalui sistem atau aplikasi OLX pada hari yang sama saat dilakukannya transaksi pembelian dan serah terima barang antara Pembeli dan Penjual. 

 

  1. Pembeli setuju dan memahami bahwa konfirmasi persetujuan penerimaan barang yang disampaikan Pembeli melalui sistem atau aplikasi OLX merupakan bukti yang sah atas (i)penerimaan barang dari Penjual dan (ii)persetujuan untuk dilakukannya pemindahan Biaya Booking kepada Penjual. 

 

Penjualan Menggunakan Fitur Booking 

 

  1. Penjual dapat menggunakan fitur Booking dalam mengiklankan penjualan barang yang dilakukan melalui aplikasi OLX sesuai dengan Jenis Barang Yang Dapat Menggunakan Fitur Booking.

 

  1. Penjual wajib informasi barang yang diiklankan secara lengkap, jelas, sesuai dengan kondisi dan kualitas barang yang diiklankan. 

 

  1. Penjual wajib memberikan konfirmasi untuk menerima atau menolak Booking yang diajukan Pembeli dalam batas waktu 1x24 jam terhitung sejak adanya notifikasi Booking dari OLX. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi persetujuan dari Penjual, maka secara otomatis proses Booking akan dibatalkan.

 

  1. Dalam hal Penjual telah memberikan konfirmasi untuk menerima Booking, maka Penjual dapat mengkonfirmasi jadwal pertemuan untuk dilakukannya pengecekan barang yang diiklankan dan melanjutkan proses pembelian barang secara langsung dengan Pembeli secara COD (Cash On Delivery).

 

  1. Penjual wajib melakukan konfirmasi telah dilakukannya serah terima barang kepada Pembeli melalui sistem atau aplikasi OLX pada hari yang sama saat dilakukannya transaksi pembelian dan serah terima barang antara Pembeli dan Penjual. 

 

  1. Penjual setuju dan memahami bahwa Biaya Booking baru akan diterima pada rekening yang ditunjuk oleh Penjual setelah Pembeli memberikan konfirmasi serah terima barang, karenanya Penjual wajib mengingatkan dan memastikan Pembeli telah mengkonfirmasi serah terima barang melalui aplikasi OLX dan telah melakukan pelunasan atas barang (jika harga barang lebih tinggi dari Biaya Booking) pada hari yang sama sebelum Penjual dan Pembeli meninggalkan Lokasi COD (Cash on Delivery). 

 

  1. Penjual memahami dan menyetujui bahwa: 

 

    1. Segala keterlambatan proses penerimaan Biaya Booking yang timbul karena kelalaian Penjual sepenuhnya merupakan tanggung jawab Penjual;
    1. Seluruh proses transaksi dengan Pembeli, termasuk namun tidak terbatas pada proses Booking dan transaksi yang terjadi dengan Pembeli sepenuhnya merupakan tanggung jawab Penjual dan Pembeli.
    1. Seluruh Pajak sehubungan dengan penjualan barang yang diiklankan melalui aplikasi OLX, wajib dilaporkan dan dilakukan sendiri oleh Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di Indonesia.

 

Pengembalian Biaya Booking dan Pusat Bantuan

 

  1. Pengembalian Biaya Booking dari OLX kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
    • Penjual tidak bisa memberikan konfirmasi persetujuan atas Booking yang diajukan Pembeli,
    • Penjual tidak menyanggupi transaksi dengan menggunakan fitur Booking,
    • Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Bantuan OLX berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pembeli atau hasil keputusan dari pihak OLX.

 

  1. Pembeli setuju dan memahami bahwa setelah adanya konfirmasi penerimaan barang atau konfirmasi penerimaan barang, maka dana Booking akan dikirimkan kepada Penjual (transaksi dianggap selesai).

 

  1. OLX menyediakan Pusat Bantuan untuk memfasilitasi penyelesaian masalah transaksi antara Pembeli dan Penjual yang dapat diakses oleh Pengguna untuk menyampaikan laporan adanya kendala transaksi, yang dapat diakses Pengguna melalui Pusat Bantuan atau Whatsapp atau hubungi Call Center di 150264

 

  1. Jika terdapat laporan dari Pengguna terkait dengan kendala transaksi yang disampaikan melalui Pusat Bantuan, maka secara otomatis Biaya Booking akan ditahan sampai dengan permasalahan yang dilaporkan ke Pusat Bantuan selesai.

 

  1. Dalam menggunakan fitur ini, Pengguna diwajibkan memberikan bukti-bukti serah terima barang saat terjadi COD (Cash On Delivery) berupa foto serah terima barang dan bukti-bukti penunjang lainnya yang dapat menjadi dasar pembenar atas setiap argumen yang dikeluarkan oleh masing-masing pihak.

 

  1. Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Bantuan dapat berupa solusi yang dihasilkan berdasarkan kesepakatan bersama antara Pengguna, dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Jika Penjual tidak memberikan jawaban dalam jangka waktu 2 x 24 jam sejak adanya laporan kendala yang diajukan Pembeli, maka kendala secara otomatis akan terselesaikan berdasarkan solusi yang diajukan oleh Pembeli;
    • Jika tidak ditemukan kesepakatan antara Pengguna dalam jangka waktu 2 x 24 jam, maka OLX memiliki hak untuk membantu menyelesaikan kendala, karananya Pengguna menyetujui bahwa OLX berwenang untuk mengambil keputusan atas permasalahan tersebut dengan melihat bukti-bukti yang ada dan/atau bukti-bukti baru yang harus dilengkapi masing-masing pihak.

 

  1. OLX berwenang untuk melakukan mediasi dan/atau mengambil keputusan untuk penyelesaian masalah didalam diskusi Pusat Bantuan, meskipun salah satu pihak (Pembeli atau Penjual) belum memberikan tanggapan atas solusi yang diberikan Pusat Bantuan dalam jangka waktu 2 x 24 jam, dalam hal: (i) Adanya bukti dari Pembeli dan/atau Penjual yang dikirimkan melalui jalur komunikasi lain (email OLX, layanan Pengguna, dan media lainnya) yang perlu diteruskan ke Pusat Bantuan dengan dasar transparansi masalah; (ii) Laporan dari salah satu pihak disebabkan adanya kelalaian Pembeli atau Penjual; (iii) Salah satu pihak (Pembeli atau Penjual) terindikasi melakukan tindakan kecurangan; atau (iv) Kondisi tertentu yang menyebabkan OLX perlu segera melakukan mediasi (“Keputusan OLX”).

 

  1. Atas keputusan OLX diatas, Pengguna tetap memiliki hak untuk mengajukan keberatan, dengan mengajukan bukti baru di luar dari bukti-bukti sebelumnya.

 

  1. Pengguna dengan ini menyetujui bahwa Keputusan OLX atas upaya banding adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Pengguna untuk mematuhinya.

 

  1. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa dalam penyelesaian kendala di Pusat Bantuan, Pembeli dan Penjual wajib memberikan tanggapan atas kendala yang ada hingga selesai dengan mematuhi ketentuan dan batas waktu sebagaimana yang telah ditentukan pihak OLX pada diskusi terkait.

 

  1. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa batas waktu untuk pemberian bukti adalah maksimal 2 x 24 jam terhitung sejak OLX melakukan permintaan bukti kepada Pengguna atas transaksi terkait.

 

  1. Pengguna memahami dan menyetujui untuk melepaskan OLX dari segala tanggung jawab atas kerugian yang timbul akibat kesalahan dan/atau kelalaian yang dilakukan oleh Pengguna baik dalam pelaporan maupun kesalahan lainnya dalam menentukan kendala.

 

Batasan Tanggung Jawab

 

  1. OLX memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran Booking tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

 

  1. Pengguna memahami dan menyetujui untuk melepaskan OLX dari tanggung jawab apabila terjadi kendala atas transaksi menggunakan layanan Booking termasuk namun tidak terbatas pada kendala transaksi, kendala pembayaran, kendala pada saat kesepakatan/melakukan Cash On Delivery (COD), maupun kerusakan dan/atau kehilangan barang baik sebagian maupun seluruhnya.

 

  1. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengguna bertanggungjawab untuk menjaga informasi terkait transaksi menggunakan layanan Booking. Seluruh tindakan termasuk namun tidak terbatas pada kesepakatan yang dilakukan atas transaksi penjualan maupun kesepakatan lokasi COD (Cash On Delivery) adalah bukan tanggung jawab OLX, sehingga klaim serta kerugian yang timbul akibat tindakan tersebut menjadi tanggung jawab masing-masing pihak secara pribadi.

 

  1. Penjual memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi / konfirmasi otomatis Barang adalah bukan menjadi tanggung jawab OLX. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Barang menjadi tanggung jawab Penjual secara pribadi.

 

  1. Pengguna memahami dan menyetujui jika ditemukan adanya indikasi kecurangan, pelanggaran Syarat dan Ketentuan OLX atau ketentuan hukum yang berlaku, maka OLX berwenang untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada tindakan pembatasan pilihan metode pembayaran, melakukan pembatalan transaksi tanpa pemberitahuan sebelumnya.

 

  1. OLX Indonesia tidak bertanggung jawab atas keberhasilan maupun kegagalan dari setiap fitur Booking pada Layanan OLX Indonesia. Setiap biaya yang Anda keluarkan untuk menggunakan fitur Booking tidak dapat dikembalikan, apabila terdapat bertentangan dengan hukum yang berlaku.

 

Ketentuan Lain-lain

 

Pengguna setuju dan memahami bahwa Pengguna dilarang untuk menggunakan fitur Booking dengan tujuan untuk melanggar hukum atau melanggar Syarat dan Ketentuan atau membatasi atau menghambat Pengguna lain untuk menggunakan atau menikmati layanan yang disediakan oleh OLX Indonesia. Anda setuju untuk menggunakan fitur Booking hanya untuk tujuan yang sah dan tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku.

 

OLX Indonesia atas kebijakannya sendiri, berhak untuk mencegah dan/atau menghentikan Pengguna untuk menggunakan akunnya dengan cara apapun apabila Pengguna diduga maupun terlibat maupun telah terlibat dalam aktivitas sebagaimana disebutkan pada paragraf sebelumnya, apabila pengguna melakukan aktivitas yang berbahaya bagi Pengguna lainnya, atau diduga akan melanggar hak pihak mana pun (termasuk namun tidak terbatas pada OLX Indonesia). OLX Indonesia dapat melarang atau menghapus perilaku, komunikasi atau konten yang dikirimkan pada Layanan yang dianggap melanggar hukum yang berlaku, melanggar Syarat dan Ketentuan Umum dan syarat-syarat serta petunjuk lain yang berlaku terhadap Layanan ini. Dalam hal terjadi pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan kami yang mengakibatkan pemblokiran akun Pengguna, maka seluruh fitur Booking yang ada dalam akun Pengguna akan terhapus dengan sendirinya.

 

Jika Pengguna memiliki perselisihan dengan satu atau lebih Pengguna, Pengguna dengan ini setuju untuk melepaskan OLX Indonesia (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari segala bentuk klaim dan tuntutan atas segala kerusakan dan kerugian, yang timbul sehubungan dengan sengketa tersebut. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.