Bagaimana cara membatalkan Booking?
Sebagai Penjual
Jika ada hal-hal yang tidak berkenan, Penjual dapat membatalkan Booking dengan berbagai cara:
- Batalkan melalui Tab Booking pada Menu Iklan Saya
- Pilih Iklan Booking yang aktif.
- Klik Batalkan pada laman Detail.
- Pilih Alasan Pembatalan.
- Konfirmasi Pembatalan.
- Batalkan melalui Menu Ubah Iklan
- Akses Laman Iklan.
- Klik Ubah Iklan.
- Matikan Toggle untuk Booking.
- Simpan Perubahan Iklan.
- Batalkan melalui Menu Hapus Iklan
- Akses Laman Iklan.
- Klik Hapus.
- Konfirmasi Penghapusan.
- Simpan Perubahan Iklan.
Sebagai Pembeli
Jika ada hal-hal yang tidak berkenan, Pembeli juga dapat dapat membatalkan Booking yang tengah berlangsung.
- Batalkan melalui Tab Booking pada Menu Pesanan & Booking
- Pilih Kartu Booking yang aktif.
- Klik Batalkan pada laman Detail.
- Pilih Alasan Pembatalan.
- Konfirmasi Pembatalan*
- Biaya Booking akan dikembalikan ke Rekening Pembeli.
*Penjual perlu mengkonfirmasi pembatalan yang diajukan jika Booking sudah dikonfirmasi
Bagaimana jika Penjual dan Pembeli kesulitan menyepakati janji temu untuk COD (Cash On Delivery)?
OLX sangat menganjurkan COD (Cash On Delivery). Jika tidak dapat terwujud, baik Penjual maupun Pembeli dipersilakan membatalkan Booking untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Bagaimana jika kondisi barang tidak sesuai dengan kesepakatan?
Apabila barang tidak sesuai dengan kesepakatan pada saat COD (Cash On Delivery), calon pembeli berhak untuk membatalkan Booking.
Bagaimana jika harga tidak sesuai dengan kesepakatan?
Apabila harga tidak sesuai dengan kesepakatan pada saat COD (Cash On Delivery), calon Pembeli berhak untuk membatalkan Booking.
Bagaimana jika Pembeli melakukan pembatalan setelah melakukan pembayaran Booking, namun Booking belum dikonfirmasi oleh Penjual?
Apabila Pembeli membatalkan Booking, namun Penjual belum melakukan konfirmasi terhadap Booking, maka Biaya Booking yang sebelumnya dibayarkan Pembeli akan dikembalikan 100% dengan ketentuan sebagai berikut:
- Pembayaran di Hari Kerja pukul 00:01 - 23:59 WIB, akan dapat dikembalikan 100% setidaknya pada Hari Kerja berikutnya (D+1).
- Pembayaran di Hari Sabtu/Hari Minggu/Hari Libur/Cuti Bersama, akan dapat dikembalikan 100% pada Hari Kerja berikutnya.
Bagaimana jika Pembeli melakukan pembatalan setelah melakukan pembayaran Booking, namun Booking sudah dikonfirmasi oleh penjual?
Apabila Pembeli membatalkan Booking, namun Penjual sudah melakukan konfirmasi terhadap Booking, maka Biaya Booking yang sebelumnya dibayarkan Pembeli akan dikembalikan 100% secara otomatis setelah Penjual mengkonfirmasi pembatalan dari pembeli. Pengembalian Dana akan lakukan dengan ketentuan sebagai berikut:
- Pembayaran di Hari Kerja pukul 00:01 - 23:59 WIB, akan dapat dikembalikan 100% setidaknya pada Hari Kerja berikutnya (D+1).
- Pembayaran di Hari Sabtu/Hari Minggu/Hari Libur/Cuti Bersama, akan dapat dikembalikan 100% pada Hari Kerja berikutnya.
Bagaimana cara pengembalian dana jika tidak terjadi kesepakatan?
Apabila Penjual dan Pembeli tidak terjadi kesepakatan pada saat proses sebelum atau sesudah COD (Cash On Delivery), maka Pembeli dapat melakukan pembatalan pada sistem dan dikonfirmasi oleh penjual. Pengembalian Dana akan lakukan dengan skema berikut:
- Pembayaran di Hari Kerja pukul 00:01 - 23:59 WIB, akan dapat dikembalikan 100% setidaknya pada Hari Kerja berikutnya (D+1).
- Pembayaran di Hari Sabtu/Hari Minggu/Hari Libur/Cuti Bersama, akan dapat dikembalikan 100% pada Hari Kerja berikutnya.
Saya seorang pembeli yang telah membatalkan layanan Booking, kenapa saya belum menerima pengembalian dana?
Biaya Booking Anda dapat dikembalikan setidaknya pada Hari Kerja berikutnya (D+1) dari waktu pembayaran. Jika Anda masih belum menerima, silahkan hubungi Customer Care OLX untuk mendapatkan bantuan.
Saya seorang penjual yang telah membatalkan layanan Booking, kenapa iklan saya masih diBooking pembeli?
Booking yang sudah dibatalkan, tidak seharusnya aktif diBooking pembeli sebelumnya. Hubungi Customer Care OLX untuk mendapatkan bantuan.
Saya seorang penjual yang tidak jadi ingin menggunakan fitur Booking, bagaimana saya bisa menonaktifkan fitur tersebut?
Fitur ini bebas digunakan, jika Penjual ingin menonaktifkan fitur Booking pada iklannya. Ikuti cara berikut:
- Batalkan melalui Menu Ubah Iklan
- Akses Laman Iklan.
- Klik Ubah Iklan.
- Matikan Toggle untuk Booking.
- Simpan Perubahan Iklan.