Pusat Bantuan

Pasang Iklan

Pusat Bantuan

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Untuk meningkatkan kualitas layanan kami, website dan aplikasi OLX akan melakukan pemeliharaan sistem pada tanggal 13 September 2023 pukul 22:00 WIB hingga 14 September 2023 pukul 06:00 WIB . Selama periode ini, pelanggan tidak dapat mengakses website & aplikasi OLX. Apabila Anda mengalami kendala lainnya, silakan hubungi kami melalui Pusat Bantuan, email cs@olx.co.id atau hubungi Call Center di 150264
Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Untuk meningkatkan kualitas layanan pesan Whatsapp OLXmobbi,
layanan pesan Whatsapp OLXmobbi akan melakukan pemeliharaan sistem pada tanggal
28 September 2024 hingga 10 Oktober 2024 .
Selama periode ini, pelanggan tidak dapat mengirim pesan di Whatsapp resmi OLXmobbi.
Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Kami informasikan bahwa proses moderasi iklan mengalami penundaan penayangan pada 25 Oktober 2024 dan akan kembali normal pada 26 Oktober 2024
Selamat Tahun Baru 2025
Kami informasikan bahwa operasional OLX Indonesia libur pada tanggal 01 Januari 2025
dan akan kembali beroperasional pada tanggal 02 Januari 2025
Apabila Anda mengalami kendala, silakan hubungi kami melalui Pusat Bantuan, email cs@olx.co.id, Whatsapp atau hubungi Call Center di 150264

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan
0853 1111 1010 (WhatsApp)
Selamat Idulfitri 1445 H
Minal ‘Aidin wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin

Kami informasikan bahwa operasional OLX libur pada 10 - 11 April 2024 dan akan kembali beroperasional pada 12 April 2024. Apabila Anda mengalami kendala, silakan hubungi kami melalui Pusat Bantuan atau email cs@olx.co.id.
Selamat Tahun Baru 2024
Kami informasikan bahwa operasional OLX Indonesia libur pada tanggal 01 Januari 2024
dan akan kembali beroperasional pada tanggal 02 Januari 2024
Apabila Anda mengalami kendala lainnya, silakan hubungi kami melalui Pusat Bantuan atau email cs@olx.co.id
Tips Aman Bertransaksi Online
Gunakan selalu Chat OLX sebagai sarana komunikasi saat bertransaksi di OLX.
Untuk informasi tips aman lainnya, silakan kunjungi tipsaman.olx.co.id
Kami informasikan bahwa pada tanggal 01 Desember 2023 s/d 07 Desember 2023, kami sedang melakukan perawatan sistem penerbitan faktur OLX. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi artikel Perawatan Sistem Penerbitan Faktur OLX
Selamat Tahun Baru 2024
Kami informasikan bahwa operasional OLX Indonesia libur pada tanggal 01 Januari 2024
dan akan kembali beroperasional pada tanggal 02 Januari 2024
Apabila Anda mengalami kendala lainnya, silakan hubungi kami melalui Pusat Bantuan atau email cs@olx.co.id
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H
Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin

Kami informasikan bahwa operasional OLX Indonesia libur pada 22 - 23 April 2023 dan akan kembali beroperasional pada 24 April 2023.

Pedoman Kebijakan Iklan

1. Pendahuluan

Kebijakan ini dibuat dalam rangka meningkatkan standar keamanan dan kenyamanan bagi pengguna OLX, dan memastikan bahwa semua iklan yang diiklankan oleh pengguna melalui OLX telah mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Setiap pengguna wajib mematuhi kebijakan ini untuk menjaga pengalaman jual-beli yang aman dan terpercaya.

2. Kriteria Iklan yang Diperbolehkan

Iklan yang dipasang di OLX harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Sesuai dengan kategori yang tersedia di platform OLX.
  • Mengandung informasi yang jelas, akurat, dan tidak menyesatkan.
  • Tidak melanggar hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia.
  • Produk yang dijual bukan barang terlarang (lihat daftar barang terlarang di bagian selanjutnya).

3. Barang dan Jasa yang Dilarang

Barang dan jasa berikut tidak diperbolehkan diiklankan di OLX:

  • Narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya.
  • Senjata api, bahan peledak, dan senjata tajam ilegal.
  • Produk yang melanggar hak kekayaan intelektual (barang palsu atau bajakan).
  • Dokumen resmi atau identitas pribadi (KTP, SIM, Paspor, dll.).
  • Hewan yang dilindungi dan satwa liar.
  • Produk kesehatan yang tidak memiliki izin BPOM atau SNI, termasuk kosmetik, suplemen, dan obat-obatan.
  • Jasa ilegal seperti perjudian, prostitusi, dan lainnya yang melanggar hukum.

4. Persyaratan Konten Iklan

Untuk memastikan kualitas iklan, pengguna harus:

  • Menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung ujaran kebencian atau diskriminasi.
  • Mengunggah foto asli produk yang dijual, bukan gambar ilustrasi yang menyesatkan.
  • Tidak menyertakan informasi kontak di dalam gambar iklan.
  • Tidak memasang iklan yang bersifat spam atau duplikat.

5. Kebijakan Moderasi BPOM & SNI

Untuk kategori produk yang diwajibkan memiliki sertifikasi BPOM dan SNI, OLX menerapkan kebijakan moderasi yang lebih ketat:

  • Produk yang Wajib BPOM: Kosmetik, Perawatan Diri, Vitamin & Suplemen harus mencantumkan nomor registrasi BPOM dalam deskripsi dan/atau foto produk.
  • Produk yang Wajib SNI: Pakaian Bayi, Mainan Anak, Helm, Ban, dan Elektronik harus mencantumkan label SNI dalam foto produk.
  • Verifikasi Manual: Iklan yang tidak mencantumkan informasi BPOM atau SNI (baik melalui unggahan foto ataupun pada deskripsi produk) akan ditinjau oleh tim moderasi OLX dan dapat ditolak jika tidak memenuhi persyaratan.

6. Moderasi dan Sanksi

OLX memiliki hak untuk meninjau dan menghapus iklan yang melanggar kebijakan. Pelanggaran terhadap kebijakan ini dapat mengakibatkan:

  • Peringatan kepada pengguna.
  • Penghapusan iklan yang melanggar.
  • Pembatasan atau pemblokiran akun jika pelanggaran terjadi berulang kali.

7. Pelaporan Pelanggaran

Jika Anda menemukan iklan yang mencurigakan atau melanggar kebijakan ini, silakan laporkan melalui fitur "Laporkan Iklan" di platform OLX atau hubungi layanan pelanggan OLX.

8. Persetujuan Pengguna

Dengan menggunakan platform OLX, pengguna dengan ini setuju selalu memastikan produk yang akan diiklankan di platform OLX telah terdaftar secara resmi, telah memiliki nomor registrasi resmi dan sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia. 

9. Perubahan Kebijakan

Kebijakan ini dapat diperbarui sewaktu-waktu sesuai dengan perubahan regulasi atau kebijakan internal OLX. Pengguna disarankan untuk selalu memeriksa pembaruan kebijakan secara berkala. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan merujuk ke regulasi resmi atau menghubungi layanan pelanggan OLX.

Dengan menggunakan OLX, Anda menyetujui dan bersedia mematuhi kebijakan iklan baris ini. Terima kasih telah menjadi bagian dari komunitas OLX!

 

Tim OLX Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen

Apabila Anda mengalami kendala, silakan hubungi kami melalui Pusat Bantuan, email cs@olx.co.id, Whatsapp 087736013560 atau hubungi Call Center di 150264

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan
0853 1111 1010 (WhatsApp)