Pusat Bantuan

Pasang Iklan

Pusat Bantuan

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Untuk meningkatkan kualitas layanan kami, website dan aplikasi OLX akan melakukan pemeliharaan sistem pada tanggal 13 September 2023 pukul 22:00 WIB hingga 14 September 2023 pukul 06:00 WIB . Selama periode ini, pelanggan tidak dapat mengakses website & aplikasi OLX. Apabila Anda mengalami kendala lainnya, silakan hubungi kami melalui Pusat Bantuan, email cs@olx.co.id atau hubungi Call Center di 150264
Apabila Anda mengalami kendala, silakan hubungi kami melalui Pusat Bantuan atau email cs@olx.co.id atau hubungi Call Center di 150264.
Tips Transaksi Aman Memberikan tips untuk bertransaksi secara aman di platform online
Mohon gunakan selalu Chat OLX sebagai sarana komunikasi Anda saat berbelanja atau bertransaksi di OLX. Untuk tips lainnya silahkan kunjungi tipsaman.olx.co.id

Tips Aman Belanja Online : Lakukan Riset Singkat Pembeli atau Penjual

Jual beli via online kini menjadi tren. Terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini belanja online menjadi kebiasaan baru yang dianggap menjadi solusi mudah mendapatkan barang yang diinginkan.

Namun dibalik kemudahan melakukan jual beli online, ternyata hal ini tak lepas dari munculnya oknum-oknum yang tak bertanggung jawab. Mereka mencari keuntungan dengan cara menipu.

Ya, penipuan kerap kali terjadi dalam jual beli online dan bisa dialami baik oleh pembeli atau penjual. Cara melakukan penipuan bermacam-macam, yang jelas hal ini akan sangat merugikan.

Nah, agar proses jual beli aman, sebaiknya Anda yang ingin melakukan transaksi melalui digital melakukan riset singkat si pembeli atau penjual. Adapun beberapa hal yang perlu diketahui dalam riset tersebut antara lain :

  1. Telusuri nama, alamat email, bisnis, atau informasi pribadi lainnya yang diberikan oleh penjual atau pembeli. Anda juga bisa melakukan riset melalui mesin pencari Google atau ulasan soal konsumen yang pernah melakukan transaksi. Pastikan jika Anda ragu, jangan lanjutkan transaksi.
  2. Jika pemilik akun pernah menipu siapapun atau mencoba menipu siapapun menggunakan informasi atau akun yang sama, kemungkin profil itu sudah pernah dilaporkan secara online.
  3. Ingat, scammer dan penipu sering menggunakan banyak alias berbeda. Jadi seperti tips nomor satu lakukan penelusuran.

Satu hal yang juga tak boleh dilupakan, ketika menjual dan membeli secara online,  jangan tergoda dengan hanya melihat harga barang murah meriah.