Pusat Bantuan

Pasang Iklan

Pusat Bantuan

Sehubungan dengan kondisi pandemi dan peraturan PSBB yang berlaku, seluruh karyawan OLX Indonesia
melakukan kegiatan kerja dari rumah.
Untuk itu, layanan pengguna hanya terbuka melalui Pusat Bantuan atau email cs@olx.co.id

Pengguna Terverifikasi

 Apakah itu KYC / Pengguna Terverifikasi ?

KYC adalah kepanjangan dari Know Your Customer. KYC sering digunakan oleh Bank dan lembaga keuangan untuk memverifikasi identifikasi.

Kami juga melakukan verifikasi kepada pengguna OLX terutama penjual/seller. Untuk melakukan verifikasi tersebut, seller harus mengelengkapi data sebagai berikut:

  1. Photo Selfie langsung beserta foto identitas diri
  2. Photo halaman depan Identitas diri.

Informasi akan diverifikasi secara manual oleh tim OLX Indonesia setelah seller mengelengkapinya.

 

Apa yang dimaksud dengan Pengguna Terverifikasi?

Pengguna terverifikasi adalah pengguna yang dokumennya telah diverifikasi dan disetuju oleh OLX. Dimana identitas diri tersebut merupakan identitas asli yang dimiliki oleh pengguna dan telah terverifikasi oleh OLX.

 

Mengapa Iklan lain menampilkan Badge pengguna terverifikasi tetapi iklan Saya tidak memiliki Badge seperti itu?

Penjual mana pun yang berhasil menyelesaikan langkah verifikasi-nya ditampilkan kepada pembeli sebagai Pengguna terverifikasi. Sebagai penjual, Anda juga dapat melakukan KYC secara gratis dan ditampilkan kepada pembeli sebagai pengguna terverifikasi.

 

Mengapa Saya harus mempercayai pengguna / penjual terverifikasi?

Seorang pengguna terverifikasi telah berhasil untuk menyelesaikan verifikasinya oleh OLX. Ini berarti dia adalah penjual yang serius, karena mereka telah memberikan informasi pribadi mereka kepada OLX dan jika mereka ditemukan menjual produk yang melanggar ketentuan hukum di Indonesia atau melakukan penipuan lain di OLX, dapat dijadikan bukti untuk diserahkan kepihak berwenang yaitu Kepolisian Republik Indonesia. Ini berarti pengguna meyakinkan Anda bahwa dia adalah penjual asli dan menjual produk berkualitas.

 

WhatsApp_Image_2020-11-13_at_21.30.19.jpeg

 

Singkatnya, pengguna terverifikasi adalah penjual serius yang menjual produk asli. Anda harus merasa aman dalam bertransaksi dengan mereka. Dan jika terjadi kesalahan, Anda dapat mengambil tindakan menggunakan detail pribadi yang dapat dibagikan dengan pihak berwenang.

 

Dapatkah Saya melihat informasi yang dikirimkan oleh Penjual Terverifikasi?

Tidak ada pengguna atau karyawan OLX yang dapat melihat informasi penjual terverifikasi. Ini hanya dapat dibagikan kepada pihak berwenang yaitu Kepolisian Republik Indonesia. Dalam hal ini, pihak kepolisian yang nantinya akan meminta informasi tersebut kepada Kami. Setelah Kami menerima berkas tersebut, Kami akan mengecek data yang tersimpan dalam database kami.

 

Mengapa Saya harus melakukan KYC saya?

Setelah Anda berhasil menyelesaikan KYC Anda, Anda mendapatkan manfaat berikut:

  1. Iklan Anda ditampilkan kepada pembeli dengan Badge "Pengguna Terverifikasi". Badge ini akan tampil pada iklan Anda dan membuatnya lebih terpercaya.
  2. Pembeli ingin berinteraksi dengan penjual asli & serius. Saat mereka melihat Anda terverifikasi, iklan Anda akan lebih menarik sehingga Anda dapat menjual lebih cepat.

WhatsApp_Image_2020-11-13_at_21.34.45.jpeg

 

Berapa biaya KYC?

Kami menawarkan KYC tanpa biaya. Kami berterima kasih kepada Anda telah memilih OLX Indonesia untuk menjual barang Anda. Kami menawarkan layanan gratis ini sebagai tanda untuk menghargai tindakan Anda dan membantu Anda dapat lebih terlihat sebagai penjual yang serius. Tanpa mengeluarkan uang, Anda melengkapi KYC Anda dan mendapatkan Badge "pengguna terverifikasi" agar lebih menonjol.

 

Bagaimana saya bisa memulai KYC saya?

Saat ini KYC hanya dapat dilakukan dari aplikasi android. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Silakan buka aplikasi OLX pada Android Anda. 
  2. Masuk ke akun Anda.
  3. Ketuk ikon "Iklan Saya" di bilah navigasi bawah, lalu pilih salah satu iklan Anda.
  4. Anda akan melihat notifikasi "Anda belum diverifikasi" tepat di bawah gambar.
  5. Ketuk tombol "Verifikasi sekarang" (dalam kotak warna hitam) untuk memulai proses.
  6. Anda akan melihat penjelasan lebih lanjut tentang KYC. Ini akan memberitahu dokumen yang dapat Anda gunakan. Harap baca informasinya dengan cermat.
    WhatsApp_Image_2020-11-13_at_23.13.43.jpeg
  7. Setelah Anda membaca dan memahami detailnya dan ingin melanjutkan, klik lagi tombol "Verifikasi sekarang".
  8. Aplikasi akan meminta izin untuk membuka kamera. Tanpa ini, Anda tidak dapat melakukan proses KYC Anda. Jika dengan tidak sengaja Anda tidak mengizinkannya, Anda dapat mengklik tombol "Verifikasi Sekarang" (langkah 6) lagi untuk memulai proses.
  9. Kamera Anda akan mulai secara otomatis. Silakan Photo Selfie diri Anda dengan wajah yang terlihat jelas (Gambar yang ditunjukkan di bawah ini hanya sebagai Contoh).
                                                        WhatsApp_Image_2020-11-13_at_21.24.50.jpeg
  10. Anda akan diperlihatkan pratinjau Photo Selfie. Silakan ambil Photo Selfie lain jika gambar tidak jelas. Jika semua sudah sesuai, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.
  11. Proses selanjutnya, Anda akan melihat kamera di dalam sebuah bingkai photo. Harap letakkan halaman depan kartu Identitas Anda dan pastikan identitas Anda di dalam bingkai. Pastikan pencahayaan yang baik sehingga teks pada Id terlihat jelas dan terbaca di kamera. Setelah itu Ambil gambarnya.
                                                    WhatsApp_Image_2020-11-13_at_21.23.22.jpeg
  12. Anda akan diperlihatkan pratinjau ulang pada photo halaman depan kartu identitas Anda. Silakan ambil gambar lain (Retake) jika tulisan pada Id atau wajah Anda tidak jelas. Jika semua sudah sesuai, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.
  13. Proses selanjutnya Anda akan kembali melihat kamera photo di dalam bingkai. Kali ini, silahkan letakkan halaman belakang identitas Anda dan paskan di dalam bingkai.
  14. Sekali lagi, harap pastikan pencahayaan yang baik sehingga tulisan pada Identitas Anda terlihat jelas. Ambil gambarnya.
  15. Jika tulisan di Identitas Anda atau wajah Anda sudah jelas dan jika semua sudah sesuai, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.
  16. Detail Anda akan secara otomatis dikirimkan ke OLX. Harap tunggu beberapa detik hingga pengiriman selesai.
  17. Setelah data berhasil dikirim, Anda akan melihat pesan "Verifikasi sedang berlangsung" seperti gambar dibawah ini:

Verifif_dalam_prosessss.jpeg

Jika Anda menghadapi masalah selama proses dan/atau harus memulai lagi, jangan khawatir. Anda dapat mencobanya sebanyak yang Anda inginkan sampai detail Anda berhasil dikirim.

 

Saya tidak melihat opsi apa pun untuk memulai KYC Saya

Saat ini KYC tersedia untuk pengguna selektif. Anda akan dapat melakukan KYC jika Anda: 

  1. Menggunakan aplikasi android OLX versi terbaru, Saat ini fitur Pengguna Terverifikasi hanya ada di Android. Untuk pengguna iOS dan Web browser tidak ada badge pengguna terverifikasi maupun tombol verifikasi.
  2. Telah memasang Iklan pada kategori mobil bekas.
  3. Berasal dari salah satu kota berikut:
      • Jakarta Selatan
      • Jakarta Timur
      • Jakarta Barat
      • Jakarta Utara
      • Jakarta Pusat
      • Bekasi Kota
      • Bekasi Kab.
      • Tangerang Kota
      • Tangerang Selatan Kota
      • Tangerang Kab.

 

Dokumen apa yang dapat Saya gunakan untuk KYC?

Saat ini Kami hanya mendukung dokumen-dokumen berikut untuk KYC:

  1. KTP
  2. Passport

 

Apa yang terjadi setelah detail KYC Saya dikirimkan?

Setelah mengirimkan detail KYC Anda, proses verifikasi akan dilakukan oleh moderator OLX Indonesia yang akan meninjau detail Anda secara manual. Jika semua gambar yang Anda kirimkan sesuai dengan kriteria kami, Anda akan ditandai sebagai "Pengguna Terverifikasi".

 

Verifikasi dalam proses:

Verifif_dalam_prosessss.jpeg

 

Verifikasi selesai: 

WhatsApp_Image_2020-11-13_at_21.30.19.jpeg

 

Namun, jika Kami tidak dapat menyetujui KYC Anda, Anda akan mendapatkan pemberitahuan dan dapat mengirimkan detail Anda kembali.

 

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memverifikasi detail KYC Saya?

Jika Anda sudah menyiapkan Identitas diri (KTP atau Passport), Anda akan membutuhkan waktu 2 menit untuk mengirimkan detail Anda. Anda hanya perlu mengambil 2 foto:

  1. Selfie Anda dengan memegang KTP yang diletakan dibawah dagu.
  2. Gambar halaman depan KTP Anda

Jangan khawatir, Anda tidak perlu mengisi formulir yang panjang. Kami akan mengerjakan sisanya. Pastikan saja wajah Anda terlihat jelas saat Photo Selfie dan tulisan di KTP Anda dapat terbaca pada foto yang Anda ambil.

Setelah mengirimkan detail Anda, Kami akan membutuhkan waktu maksimal 2x24 jam untuk memverifikasinya. Tim verifikasi Kami bekerja pada pukul 09:00 - 18:00 (hari kerja). Setiap permintaan verifikasi yang Anda kirimkan di luar jam-jam tersebut akan diproses pada hari kerja berikutnya dengan waktu pengerjaan yang sama. Harap perkirakan penundaan pada hari Minggu dan hari libur.

 

WhatsApp_Image_2020-11-13_at_21.23.15.jpeg

 

Apakah Saya akan diberi tahu setelah KYC Saya disetujui?

Ya, Anda akan mendapatkan notifikasi di aplikasi OLX Anda dengan konfirmasi persetujuan telah disetujui. Kami juga akan memberitahu jika Kami tidak dapat melakukan verifikasi data yang Anda kirimkan, sehingga Anda dapat mencoba kembali.